Tuesday, April 24, 2018

10 MANFAAT BUAH BELIMBING BAGI KESEHATAN

Para ahli mengatakan bahwa buah belimbing menyediakan sekitar 31 kalori dalam 100 gram kandungannya. Ini merupakan buah tropis paling rendah kalori dibandingkan dengan jenis buah-buahan tropis lainnya.

Berikut TOP 10 Manfaat Buah Belimbing bagi kesehatan dan kecantikan

MANFAAT BUAH BELIMBING BAGI KESEHATAN

1. MENYEHATKAN MATA

Pada buah belimbing terkandung vitamin A yang cukup tinggi, seperti wortel dan tomat, kita pun tahu buah belimbing juga terdapat vitamin A. Buah yang segar sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin karena vitamin A pada buah ini merupakan vitamin yang berkhasiat untuk kesehatan mata kita serta dapat mencegah degenerasi makula.

2. MENURUNKAN TEKANAN DARAH TINGGI

Tekanan darah tinggi atau Hipertensi terjadi disebabkan adanya kandungan sodium yang terlalu tinggi di dalam tubuh, hal itu membuat asupan kalium menjadi menurun. Maka konsumsi buah belimbing agar kalium pada tubuh bertambah dan tekanan darah menjadi normal.

3. MENCEGAH KANKER

Mengonsumsi buah belimbing secara rutin dapat menangkal zat racun penyebab kanker. Buah ini mengandung vitamin C yang cukup tinggi hampir setara dengan kandungan vitamin C pada buah jeruk. Vitamin C sangat baik untuk menangkal radikal bebas penyebab kanker.

4. KAYA ANTIOKSIDAN

Selain sebagai penangkal radikal bebas penyebab kanker, vitamin C pada buah belimbing juga merupakan salah satu penghasil antioksidan alami yang cukup besar. Flavonoid polifenol, quercetin, epicatechin, dan asam galat merupakan antioksidan yang berkhasiat untuk menangkal radikal bebas, meningkatkan sistem imunitas dari berbagai penyakit dan otomatis daya tahan tubuh kita tetap terjaga.

5. MENGOBATI RADANG

Senyawa anti-inflasi yang menurut para ahli cukup tinggi pada buah belimbing, dapat berkhasiat untuk menyembuhkan peradangan pada tubuh, Selain itu kandungan anti-inflamasi tersebut juga berkhasiat untuk mengurangi rasa sakit dari peradangan tersebut.

6. MENINGKATKAN KINERJA ENZIM

Berkaitan dengan kerja enzim, buah belimbing ini mengandung vitamin B kompleks yang cukup lengkap. Antara lain seperti folat, riboflavin, dan juga vitamin B-6. Kandungan vitamin B kompleks tersebut sangat berkhasiat untuk meningkatkan kinerja enzim pada tubuh, terutama yang berhubungan dengan metabolisme tubuh.

7. MENJAGA SISTEM PENCERNAAN

Asupan serat yang cukup dapat menjaga sistem pencernaan pada tubuh. Buah belimbing ini merupakan buah yang mengandung serat cukup tinggi, maka konsumsilah buah ini agar kesehatan sistem pencernaan tetap terjaga dan berbagai macam gangguan pencernaan seperti sembelit, diare, disentri, dapat terobati.

8. MENGURANGI KADAR KOLESTEROL JAHAT

Buah belimbing memiliki kandungan pektin yang cukup tinggi, menurut para ilmuwan, pektin dapat mengikat kolesterol jahat di tubuh dan membuangnya melalui sekresi empedu.

9. MENINGKATKAN VITALITAS

Khasiat buah belimbing yang selanjutnya adalah meningkatkan vitalitas. Berbagai nutrisi penting yang terkandung pada buah belimbing ini juga dapat merawat organ reproduksi manusia, karena pada buah ini juga terkandung nutrisi mineral alami seperti zat besi, fosfor, magnesium, kalium, kalsium, dan lainnya.

10. MENGATASI GANGGUAN PADA GINJAL

Bagi anda yang ingin mencegah batu ginjal dan gangguan ginjal lainnya anda dapat mengonsumsi buah belimbing secara cukup dan tidak berlebih. Penelitian yang dilakukan di Jepang menyimpulkan bahwa buah belimbing mengandung asam oksalat yang cukup tinggi. Kandungan ini juga bekerja maksimal dengan kalium pada bagian organ ginjal. Melarutkan kotoran pada ginjal, mencegah oksidasi negatif penyebab kerusakan ginjal juga merupakan manfaat dari buah ini.

⚽⚽⚽⚽⚽⚽⚽⚽⚽⚽⚽⚽⚽⚽⚽

Itulah 10 Manfaat buah belimbing bagi kesehatan

"Hidup sehat enak dilihat.
Hidup sehat diri menjadi indah.
Hidup sehat keluarga senang.
Hidup sehat bahagia dan kuat"

Artikel Lainnya:

Manfaat Buah Apel
Manfaat Buah Alpukat
Manfaat Kolang Kaling
Manfaat Kacang Almond
Manfaat Buah Naga



No comments:

Post a Comment